Kecepatan dan Jarak Henti Bila pengendara sepeda motor ingin menghentikan kendaraannya, pengendara menarik atau menginjak pedal rem. Tapi kendaraan pastinya tidak akan langsung berhenti namun butuh jarak lebih jauh dari titik pengendara tadi mengerem. Jarak ini disebut jarak berhenti. Jarak berhenti artinya jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total. (Rumus: Empty distance + Braking distance). Empty Distance Empty Distance adalah jarak saat dimana pengendara menyadari harus mengerem. Kalau diumpamakan sebagai waktu, maka empty distance berkisaran 1 detik. Braking Distance Braking Distance adalah jarak yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti total mulai dari pengendara mengoperasikan rem. Bila kecepatan kendaraan semakin cepat, braking distance akan semakin panjang. Berarti waktu yang dibutuhkan kendaraan untuk berhenti akan semakin lama. Selain itu braking distance juga tergantung pada kondisi permukaan jalan. Oleh karena itu pada kondisi jalan licin atau berpasirm pengendara diharap mengurangi kecepatan dan lebih berhati-hati. Jarak Berhenti Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan di depan
Drum Brake Berada pada bagian roda depan atau belakang. Di dalamnya terdapat brake shoe yang akan menekan dinding drum brake bila pengendara menarik tuas rem. Tekanan pada dinding menghasilkan gaya gesek sehingga kecepatan sepeda motor berkurang. Disc Brake Pada umumnya digunakan di bagian roda depan. Di dalam struktur disc brake terdapat disc pad. Disc pad mendapat tekanan dari caliper yang terdorong karena tekanan minyak rem. Akibat tekanan ini, disc pad bergesekan denga piringan rem. Jenis Rem Sepeda Motor Disc brake terdiri dari - Master cylinder di setang - Caliper di front fork - Disc di wheel Komponen berputar bersama velg. Di dalamnya terdapat brake shoe. Semakin tinggi kecepatan, semakin besar daya tubruk yang akan diterima. Ilustrasi di bawah bisa dijadikan patokan untuk memahami hubungan kecepatan dan daya tubruk. Ilustrasi: Tabel di bawah menggambarkan daya tubruk pada kecepatan: - 60 km/jam = jatuh dari gedung lantai 5 - 70 km/jam = jatuh dari gedung lantai 7 - 90 km/jam = jatuh dari gedung lantai 10 |
Saturday, October 30, 2010
Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(969)
-
▼
October
(97)
- BMW HP2 Sport (2011)
- Suzuki Titan 115 Specs
- Pulsar 135cc
- Perawatan Busi
- Perawatan Rantai sepeda motor suzuki
- Tips Penggantian Oli Mesin Suzuki New Shogun 125, ...
- Panduan Aman Berkendara Sepeda Motor Suzuki
- 2011 KTM 1190 RC8R Motorcycle
- 2011 Honda CBR250R Photo Gallery
- 2011 Triumph Daytona 675 Special Edition
- New Smash 110 VS Smash Titan 115
- Rantai Keteng Shogun 125
- Piston Smash di Spin 125
- Karburator Vakum
- Spin 125 Ganti Paha Ayam Mio
- Tips & Trik Suzuki Spin 125
- over houle over houle suzuki smas...
- MODIFIKASI Suzuki Spin 125 2009 | X-Treem Harian
- Suzuki Spin 125 Pasang Lampu Senja
- SUZUKI NEWS
- Kawasaki Ninja ZX-14 Sportbike
- 2011 Kawasaki Ninja ZX-14 Sportbike
- Ducati Streetfighter S First Look 2011
- 2011 Ducati Streetfighter S First Look
- Honda CBR 900
- Sport Motorcycle Tires
- G 650 Xcountry
- 2011 Bimota DB6 Delirio
- 2011 Ducati Monster
- Privacy Policy
- 2011 Lexus CT 200h F Sport
- 2011 Yamaha YZF-R6 Gallery
- 2011 Indian Chief Classic
- 2011 Indian Chief Dark Horse
- 2011 Buell Lightning CityX XB12SX
- Modification Zaeta 530 Motor Italian Cross Chopper
- Honda CBR1000RR 2011
- 2011 Honda CBR1000RR Gallery
- Ducati 998
- Aprilia RS 250
- Aprilia RS 125
- Motor Balap
- Benelli Tornado Tre
- KAWASAKI Ninja 250R
- Ducati Monster695
- Ducati gp10
- Minerva 250cc
- 2011 Kawasaki ZX-10R Revealed
- Ransom Motorcycles Revelation Concept
- Aprilia USA Introduces the 2011 Aprilia 750 Shiver...
- 1200 Aprilia Tuareg
- MV Agusta F4 2010
- All New 2011 Suzuki GSX-R600 and GSX-R750 Unveiled...
- Fast by Gast Superbike Finals
- CR & S DUU
- Byson YAMAHA Motor
- MotoGP 2010
- Honda CBF1000 2010
- Aprilia Dorsoduro Factory
- BMW R 1200 GS 2010
- Aprilia RSV1000R
- Aprilia RSV1000R
- 2010 Aprilia RSV4R
- Vespa GTS 300 Supersport
- Gilera Nexus Motor manufacturers can Italia
- 2010 Aprilia RSV4
- Mvagusta Brutale
- Suzuki GSR750 Official 2011
- 2011 Suzuki GSR750 Official Pictures
- 2010 Ducati Monster 696 and 796
- BMW K1600GT Motorcycle 2011
- 2011 BMW K1600GT Motorcycle
- Ducati Desmosedici
- Kawasaki Ninja 250R
- Yamaha Sport
- Motor Ducati 848
- Benelli Tornado Tre
- MIO SOUL BLACK LOW RIDER MINIMALIS
- Modifikasi Yamaha Scorpio Z
- Modifikasi Motor Tiger
- MIO SPORTY MODIF RETRO BAJU CUSTOM
- Modifikasi Yamaha MX 135L
- Ninja 250cc DOHC Parallel Twin Engine
- Modikasi Honda SUPRA FIT '04
- Green Speed Air Powered Motorcycle for Zero Pollut...
- Yamaha FJR1300 Sport Touring Bike
- Suzuki Bandit 500cc SportBike
- HONDA CBR1000RR 2010
- HONDA CBR1000RR (2007)
- XR1200X HARLEY-DAVIDSON
- KAWASAKI KX 250F (2011)
- Detail and Features KAWASAKI KX 250F
- YAMAHA YZF-R1 LE (2010)
- 2010 Honda Fury classic bikes Design
- Suzuki Smash Racing Look Modification
- Modifikasi Motor Extream
- Honda Revo AT 110 Review
-
▼
October
(97)
No comments:
Post a Comment